PERUMUSAN BLUE OCEAN STRATEGY SEBAGAI STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN KELUARGA PT. BELIRANG KALISARI

Sanantha Hamijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri pestisida merupakan industri yang berkaitan erat dengan industri pertanian yang berkembang pesat di Indonesia. Dengan banyaknya permintaan terhadap pestisida, pasar ini menjadi penuh dengan persaingan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki suatu strategi yang baik untuk mempertahankan eksistensinya di dalam persaingan usaha.  Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui strategi bersaing yang telah dilakukan PT. Belirang Kalisari saat ini dan untuk merumuskan strategi bersaing samudra biru bagi PT. Belirang Kalisari. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Penentuan narasumber wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Data yang didapat kemudian diuji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian, saat ini PT. Belirang Kalisari menggunakan differentiation strategy. Strategi PT. Belirang Kalisari jika disusun berdasarkan strategi samudera biru akan memunculkan konsep inovasi produk dengan kemasan spayer mini instan untuk memberikan utilitas / manfaat lebih dan mengambil pangsa pasar yang belum terjangkau.

Keywords


Strategi Bersaing, Strategi Samudra Biru, Perusahaan Keluarga.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.