Analisis Strategi Bersaing Pada PT. Asia Inovasi Dimensi Cipta

Florensia Dessy Puspitasari(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi bersaing yang tepat bagi PT. Asia Inovasi Dimensi Cipta dalam menghadapi persaingan usaha dalam industri teknologi informasi dengan melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penetapan narasumber dilakukan dengan metode nonprobability sampling. Kemudian data diuji keabsahannya dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Analisis lingkungan internal dilakukan dengan melihat fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling terhadap empat aspek, yaitu pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan produksi atau operasional. Sedangkan untuk menganalisis lingkungan eksternal perusahaan digunakan Porter’s Five Forces model.Hasil dari analisis lingkungan internal dan eksternal kemudian diolah ke dalam analisis SWOT dan matriks Grand Strategy. Berdasarkan hasil analisis, dapat disarankan bagi PT. Asia Inovasi Dimensi Cipta untuk menerapkan strategi intensif, tepatnya strategi pengembangan pasar dan pengembangan produk.


Keywords


Strategi Bersaing, Strategi Intensif, Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.