ANALISA PENERAPAN PRINSIP CORPORATE GOVERNANCE PADA PT. PANASIA INDO RESOURCES, TBK

Steve Agustinus Himawan

Abstract


Tata kelola perusahaan adalah sistem yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan dengan tujuan, agar mencapai keseimbangan antara kekuatan kewenangan yang diperlukan oleh perusahaan untuk menjamin kelangsungan eksistensinya dan pertanggungjawaban kepada stakeholders. Hal ini berkaitan dengan peraturan kewenangan pemilik, direktur, manajer, pemegang saham dan sebagainya. PT. Panasia Indo Resources, Tbk. adalah perusahaan terbuka yang bergerak dalam bidang industry tekstil dan produk tekstil.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa penerapan tata kelola perusahaan pada PT. Panasia Indo Resources, Tbk. Pengumpulan data dalam studi ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Sedangkan penentuan narasumber wawancara dilakukan melalui metode snowball sampling yang kemudian akan diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber.

Melalui hasil studi yang telah dilakukan pada PT. Panasia Indo Resources, Tbk., dapat diketahui bahwa penerapan prinsip corporate governance pada perusahaan sudah dilakukan dengan baik dalam hal Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi, dan Kesetaraan.

Keywords


Industri TPT, Perusahaan Terbuka, Tata Kelola Perusahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.