ENTREPRENEURIAL MOTIVATION PENGUSAHA SEKTOR FORMAL DAN SEKTOR INFORMAL DI JAWA TIMUR
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Entrepreneurial Motivation dan Inovasi Produk pada 83 responden pelaku Usaha Mikro dan Kecil sektor informal di wilayah Jawa Timur dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan analisa statistik deskriptif berupa mean dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaku usaha memiliki Entrepreneurial Motivation yang tinggi. Pada setiap indikator Entrepreneurial Motivation, motivasi tertinggi terdapat pada indikator locus of control disusul dengan desire for wealth. Sedangkan motivasi yang berhubungan dengan kecenderungan responden untuk meniru tokoh bisnis yang mereka idolakan adalah dorongan yang paling rendah. Setelah dilakukan Uji T tidak terdapat perbedaan antara pengusaha sektor formal dan sektor informal akan tetapi indikator opportunity mempunyai selisih nilai yang paling tinggi antara pengusaha sektor formal dan sektor informal.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.