PERUMUSAN STRATEGI BERSAING SALAH SATU HOTEL BINTANG TIGA DI SAMARINDA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bagi salah satu hotel bintang tiga di Samarinda dalam menghadapi tingginya intensitas persaingan industri perhotelan, dengan menggunakan pendekatan Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (QSPM), serta mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal Hotel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif, dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara terstruktur dan observasi yang ditujukan pada General Manager, Manajer Pemasaran, Manajer Sumber Daya Manusia, Manajer Operasional, Staf Sistem Informasi, dan Manajer Keuangan. Untuk menguji keabsahan data diggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh perusahaan sudah tepat dan sesuai dengan hasil analisis yang diperoleh dengan menggunakan tahapan perumusan strategi yang komprehensif.
Keywords
Perumusan Strategi, analisis internal, analisis eksternal, pendekatan QSPM
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.