HUBUNGAN FAKTOR INDIVIDUAL ENTREPRENEUR DENGAN INOVASI PRODUK PADA USAHA MIKRO DAN KECIL DI JAWA TIMUR

Andri Setiawan Tjiang(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor individual entrepreneur dan inovasi produk pada usaha mikro dan kecil di Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Target populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMK yang berada di Jawa Timur dan yang akan dijadikan sampel adalah 141 UMK. Untuk teknik analisa data akan digunakan adalah analisa statistik deskriptif yang mencakup mean dan distribusi frekuensi, serta analisis cross-tabulation.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan inovasi produk dalam dimensi desain, varian, dan kualitas cukup sering dilakukan oleh responden. Dari hasil crosstabulation antara faktor individual dengan inovasi produk yang menunjukkan kaitan paling besar adalah faktor individual pada indikator jenjang pendidikan, pengalaman bekerja, kelompok usia, dan keahlian yang dimiliki dengan semua indikator inovasi produk.


Keywords


Faktor Individual, Inovasi Produk, Entrepreneur, Usaha mikro dan kecil

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.