PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA FURNITURE PADA UD. ETHNIC FURNITURE

Adytia Suseno(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perusahaan keluarga UD. Ethnic Furniture yang berada di Malang, mendeskripsikan lingkungan internal dan eksternal perusahaan, mendeskripsikan kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman perusahaan, dan mengetahui strategi pengembangan usaha.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Ethnic Furniture telah menjalankan fungsi bisnis yang meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling pada aspek sumber daya manusia, kegiatan pemasaran, keuangan, dan kegiatan produksi/ operasional. Berdasarkan hasil analisis kondisi internal dapat diketahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, sementara itu dari hasil analisis kondisi eksternal dapat diketahui peluang dan ancaman perusahaan. Hasil analisis SWOT memberikan rekomendasi strategi yang dapat dijalankan oleh perusahaan, yaitu memperluas pangsa pasar, mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, penggunaan teknologi, meningkatkan promosi, menjalin hubungan baik dengan pemasok, dan rekrutmen sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya. Rencana strategi pengembangan usaha lebih ditekankan pada pengembangan pasar dan penetrasi produk.  Pengembangan aspek pemasaran dapat dilakukan dengan cara membuka showroom di luar kota Malang, sedangkan strategi penetrasi pasar yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah meningkatkan kegiatan promosi dengan cara memasang iklan di koran.

 

   


Keywords


Pengelolaan, Pengembangan Usaha, Lingkungan Internal dan Eksternal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.