PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA BAKERY PADA UD LIMA ROTI DI AMBON

Marchantya Domina Pagaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan usaha roti pada UD. Lima Roti, menggambarkan situasi dan kondisi lingkungan internal serta lingkungan eksternal, melakukan analisis SWOT, serta merumuskan rencana pengembangan usaha pada UD. Lima Roti. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perbandingan tetap atau constant comparative method.  Berdasarkan hasil analisa data, penulis menemukan bahwa pengelolaan lingkungan internal di UD. Lima Roti tidak semuanya berjalan dengan baik pada setiap fungsi bisnisnya. Kendala yang ditemui pada fungsi bisnis di perusahaan adalah dalam hal perencanaan sumber daya manusia, perencanaan produksi, pengarahan produksi, pengaturan keuangan, perencanaan pemasaran, pengaturan pemasaran, dan pengawasan pemasaran. Sedangkan dalam analisa lingkungan eksternal, berdasarkan analisa five forces dapat disimpulkan bahwa posisi bersaing UD. Lima Roti kuat. Hasil analisa SWOT dan matriks strategi besar menunjukkan bahwa strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi ke belakang, dan diversifikasi konsentris perlu untuk diterapkan dalam rencana pengembangan usaha UD. Lima Roti.

 


Keywords


Fungsi Bisnis, Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal, Pengelolaan Usaha, Pengembangan Usaha.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.