ANALISA KINERJA BISNIS PADA USAHA SEKTOR FORMAL DAN INFORMAL DI JAWA TIMUR (ASPEK PEMASARAN DAN SDM)

Oktavyani Ferra Winata(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan kinerja bisnis pada sektor usaha formal dan informal di Jawa Timur pada aspek pemasaran dan aspek SDM. Penelitian ini menggunakan 141 sampel UMK yang tersebar di Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh diolah dengan statistik deskriptif (distribusi frekuensi) dan diuji uji t menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha sektor formal dan sektor informal mengalami perbedaan kinerja pada aspek pemasaran (distribusi dan jangkauan wilayah distribusi) dan aspek SDM (jumlah karyawan pria tetap sekarang, jumlah karyawan wanita tetap awal, jumlah karyawan pria tidak tetap awal, dan jumlah upah). Akan tetapi, ada juga persamaan yaitu pada indikator aspek pemasaran (penentuan target pelanggan, produk yang dihasilkan, penetapan harga, pemberian diskon saat tertentu, dan promosi) dan aspek SDM (jumlah karyawan pria tetap awal, jumlah karyawan wanita tetap sekarang, jumlah karyawan pria tidak tetap sekarang, jumlah karyawan wanita tidak tetap, serta jam kerja). Dengan demikian, dapat disimpulkan secara keseluruhan kinerja usaha sektor formal dan usaha sektor informal berbeda tergantung dari aspek dan indikator penilaiannya

Keywords


Kinerja Bisnis, Usaha Sektor Formal, Usaha Sektor Informal, Pemasaran, Sumber Daya Manusia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.