ANALISIS DESKRIPTIF DESAIN ORGANISASI PADA PT. SUPER STAR DI SURABAYA

Eric Kuncoro(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari pada penelitian ini adalah PT.Super Star adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa percetakan dan digital printing. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisa desain organisasi pada PT. Super Star sesuai dengan star model teori. Dalam teori ini terdapat 5 aspek yang akan menentukan suatu desain organisasi, yaitu: Strategi, Struktur, Proses, Reward, dan People.

Jenis Penelitian ini adalah peneletian deskriptif kualitatif.Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terhadap informan yang dipilih melalui metode purposive sampling.Kemudian data yang diperoleh diuji validitasnya dengan menggunakan metode triangulasi sumber.

 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Super Star memiliki desain organisasi yang kurang benar/ kurang terdesain dengan baik. Melihat dari 5 aspek Star, pertama adalah strategi, strategi yang dikeluarkan oleh perusahaan ini berdarkan visi, misi dan tujuan yaitu melayani konsumen dengan baik, cepat dan tepat. Kedua adalah struktur, dengan struktur organisasi yang dibagi secara merata antara setiap divisi dengan alur komunikasi vertikal. Ketiga adalah proses, dengan proses kerja yang searah maka antara tiap divisi memiliki kelanjutan pekerjaan satu sama lainnya. Keempat reward, pemberian reward untuk karyawan agar para karyawan lebih termotivasi untuk bekerja lebih. Kelima people, sebagai perusahaan jasa sangat diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas agar dapat menyesuaikan tujuan perusahaan.


Keywords


Star Model, Desain Organisasi, Strategy, Structure, Process, Reward, People

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.