PENGARUH IKLAN, PROMOSI PENJUALAN DAN PENJUALAN PERORANGAN TERHADAP NIAT BELI DI CV. LANCAR MAKMUR MOTOR SURAKARTA

Eddy Prasetyo Sarjono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


CV. Lancar Makmur merupakan salah satu dealer motor Yamaha di Surakarta. Dalam perkembangannya penjualan di CV. Lancar Makmur mengalami fluktuasi. Untuk meningkatkan kembali penjualan tersebut CV. Lancar Makmur berusaha untuk memperbaiki penjualan dengan iklan, promosi penjualan dan penjualan perseorangan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk  mengidentifikasikan adanya pengaruh iklan, promosi penjualan, dan penjualan perorangan berpengaruh terhadap terhadap niat beli di CV. Lancar Makmur Surakarta dan mengetahui pengaruh dominan dari iklan, promosi penjualan, dan penjualan perorangan berpengaruh terhadap terhadap niat beli di CV. Lancar Makmur Surakarta.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kausal, karena perlu melihat satu variabel atau lebih menyebabkan atau menjadi determinan terhadap variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen motor di Surakarta dan sampel penelitian ini adalah orang yang mengetahui motor Yamaha dalam 1 tahun terakhir yang berjumlah 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier bergandadengan menggunakan uji F dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan, promosi penjualan, dan penjualan perseorangan berpengaruh terhadap niat beli konsumen sepeda motor Yamaha di Surakarta dan iklan berpengaruh dominan terhadap niat beli.


Keywords


Iklan, promosi penjualan, penjualan perseorangan dan niat beli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.