PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN KELUARGA PT. DAI KNIFE

Lussiana Marsella(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di Indonesia, konsep GCG mulai dikenal sejak krisis ekonomi tahun 1997 yang merupakan krisis berkepanjangan yang dinilai karena tidak dikelolanya perusahaan–perusahaan secara bertanggungjawab, serta mengabaikan regulasi dan sarat dengan praktek (korupsi, kolusi, nepotisme) KKN.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan goodcorporate governance pada perusahaan keluarga PT. DAI Knife dimanapenelitian ini dilakukan karena penulis tertarik untuk memahami fenomena yang terjadi di perusahaan.

Penentuan Infroman dengan metode purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada pihak yang bersangkutan dan observasi secara langsung di lingkungan perusahaan. Data yang didapat kemudian diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan cara membandingkan data hasil wawancara dengan observasi yang dilakukan dalam PT. DAI Knife.

Hasil dari penelitian ini yaitu PT. DAI Knife belum menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan fairness dengan baik. Perusahaan diharapkan bisa menjalankan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan fairness dengan lebih baik.


Keywords


Corporate Governance, Perusahaan Keluarga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.