DESAIN ORGANISASI PRODUKSI EMAS PADA PT. UNTUNG BERSAMA SEJAHTERA (UBS) DI SURABAYA

Agatha Natalia

Abstract


Abstrak. Dalam menciptakan sebuah bisnis, peng-usaha tidak hanya semata-mata untuk dapat memperoleh keuntungan saja tetapi juga harus menciptakan sebuah organisasi yang mampu menunjang sebuah bisnis tersebut. Untuk menyesuaikan dengan kondisi bisnis saat ini, diperlukan desain organisasi yang flexibel sehingga unit bisnis organisasi dapat berjalan sesuai dengan kebutuhannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain organisasi pada PT. Untung Bersama Sejahtera. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan micro organizational ethnography dengan wawancara tidak terstruktur. Observasi dan pemeriksaan dokumen sebagai metode pengumpulan data. Sedangkan untuk validasi data digunakan teknik triangulasi. Kerangka analisis dan pembahasan desain organisasi menggunakan Five Star Model.

Hasil penelitian menunjukan bahwa desain organisasi pada PT. Untung Bersama Sejahtera dipermukaan secara keseluruhan sudah nampak sesuai dan selaras antara kebijakan yang satu dengan kebijakan lainnya hanya saja di dalamnya masih perlu dilakukan perbaikan khususnya pada kebijakan struktur, kebijakan sistem reward dan kebijakan sumber daya manusia guna memperlancar dan menyelaraskan fungsi- fungsi yang ada dalam perusahaan. Agar lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuannya, PT.  Untung Bersama perlu mengurangi jabatan-jabatan yang miskin fungsi, lebih membudayakan komunikasi struktural dan fungsional, dan memperbaiki sistem reward.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Desain Organisasi, Five Star Model, Strategi Organisasi, Struktur Organisasi, Proses Organisasi, Sistem Penghargaan, Sumber Daya Manusia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.