ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOSMETIK OBIEN SURABAYA DI JAWA TIMUR

Giovanni Jeremy Eldwin K.(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk mengimbandi pesatnya pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran eksisting dari pendekatan bauran pemasaran dan model STP dari Obien Surabaya serta merekomendasikan analisis strategi pemasaran yang tepat untuk Obien Surabaya. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Informan dari penelitian kualitatif deskriptif ini adalah pemilik, karyawan, dan pelanggan Obien Surabaya. Analisis bauran pemasaran menunjukkan produk berupa serum rambut, penetapan harga lebih terjangkau dari pesaing, menggunakan penempatan dua saluran distribusi, dan promosi menggunakan sales. Analisis model STP yaitu segmentasi pasar kelas menengah ke bawah, membidik pasar wanita dan pria berumur 18 tahun ke atas serta salon di Jawa Timur, dan menetapkan posisi di pasar produk perawatan rambut di Surabaya dengan harga terjangkau. Berdasarkan hasil analisis eksisting, penelitian ini merekomendasikan strategi pemasaran yaitu berfokus pada posisi produk serum rambut berkualitas dengan harga terjangkau untuk beberapa daerah potensial di Jawa Timur dengan kerja sama dengan salon-salon kecantikan kategori mid-low range sebagai channel distribusi.


Keywords


strategi pemasaran, bauran pemasaran, kosmetik, model STP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.