ENTREPRENEURIAL MOTIVATION DAN PERSEPSI TERHADAP HAMBATAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO DAN KECIL PADA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH JAWA TIMUR

Steffi Alfiyanti(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan entrepreneurial motivation pengusaha da  persepsi terhadap hambatan pertumbuhan usaha mikro dan kecil pada sektor informal di wilayah Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 68 orang pengusaha mikro dan kecil pada sektor informal di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden melalui teknik purposive sampling.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengusaha mikro dan kecil pada sektor informal di Jawa Timur memiliki entrepreneurial motivation yang tinggi dalam menjalankan usahanya dan hal yang mendasari motivasi tinggi dalam berusaha karena keinginan untuk memperoleh kekayaan, pengusaha mikro dan kecil pada sektor informal di Jawa Timur dalam menjalankan usahanya mengalami hambatan yang tergolong sedang dan yang menjadi hambatan pertumbuhan usaha terbesar bagi pengusaha karena mudahnya pemain baru masuk dalam usaha yang digeluti, pengusaha yang memiliki entrepreneurial motivation tinggi mempersepsikan hambatan pertumbuhan usaha sebagai hambatan dalam tingkat sedang.


Keywords


entrepreneurial motivation, hambatan pertumbuhan usaha, usaha mikro dan kecil.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.