ANALISA ENTREPRENEURIAL MOTIVATION DAN INOVASI PRODUK PADA PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DI JAWA TIMUR PADA SEKTOR INFORMAL
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Entrepreneurial Motivation dan Inovasi Produk pada 83 responden pelaku Usaha Mikro dan Kecil sektor informal di wilayah Jawa Timur dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan analisa statistik deskriptif berupa mean, standar deviasi, persentase dan cross tabulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaku usaha memiliki Entrepreneurial Motivation yang tinggi dan sering melakukan inovasi produk. Responden yang sangat sering melakukan Inovasi Produk memiliki Entreprenurial Motivation yang tinggi. Pada setiap indikator Entrepreneurial Motivation, motivasi tertinggi terdapat pada indikator locus of control disusul dengan desire for wealth. Sedangkan motivasi yang berhubungan dengan kecenderungan responden untuk meniru tokoh bisnis yang mereka idolakan adalah dorongan yang paling rendah. Pada indikator Inovasi Produk, responden sering melakukan inovasi produk dari segi kualitas dan jarang melakukan inovasi produk dari segi desain.
Keywords
entrepreneurial motivation, inovasi produk, usaha mikro dan kecil, sektor informal
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.