STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN KOPI

Garra Sugianto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak-Peranan industri kopi yang terus meningkat disertai dengan kenaikan pesat akan permintaan kopi. Diamati memiliki kelemahan dalam jumlah kapasitas kopi yang masih belum merata serta kurang mampu memenuhi permintaan yang ada di Indonesia. Muncul tantangan bagi perusahaan agar dapat bertahan dan melakukan pembaharuan dalam strategi bersaingnya.

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui strategi bersaing yang diterapkan oleh perusahaan saat ini dan mencoba merumuskan strategi bersaing samudera biru perusahaan. Dalammengumpulkan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Penentuan narasumber wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Data yang didapat kemudian diuji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.

Dari hasil penelitian, saat ini perusahaan menggunakan focus differentiation strategy. Strategi perusahaan jika disusun berdasarkan strategi samudera biru akan memunculkan konsep outlet treatment and coffee shop serta produksi produk baru lulur dan aroma terapi untuk memberikan utilitas / manfaat lebih dan mengambil pangsa pasar yang belum terjangkau.


Keywords


Strategi bersaing dan Blue Ocean Strategy.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.