ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN BUDIDAYA IKAN TAMBAK

Andrew Santoso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri budidaya ikan saat ini terus menunjukkan pertumbuhan yang baik, hal ini disebabkan oleh banyaknya pebisnis yang mulai merubah bisnisnya dari bisnis ikan tangkap menjadi bisnis budidaya tambak. Agar dapat bersaing di dalam industri, perusahaan harus mampu menerapkan strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang diterapkan oleh salah satu perusahaan dalam menghadapi persaingan di dalam industri budidaya ikan tambak. Strategi saat ini akan dianalisis menggunakan analisis SERVO untuk mengasilakan relevansi dari strategi tersebut.  Setelah itu akan dilakukan penelitian jika menggunakan strategi blue ocean. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi secara langsung di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah purposive sampling. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan dengan menggunakan triangulasi sumber untuk membandingkan kebenaran informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda. Cara penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkannya kembali dengan data-data tertulis. Dari hasil penelitian yang dilakukan, strategi cost leadership yang digunakan oleh perusahaan saat ini masih layak untuk digunakan, namun untuk ke depannya berpotensi ditiru oleh pesaing. dapat menerapkan strategi blue ocean dengan menjadikan lokasi tambak sebagai tempat wisata.

 


Keywords


Analisis SERVO, budidaya ikan, strategi bersaing, strategi blue ocean

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.