STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN KELUARGA KONTRAKTOR KONSTRUKSI AIR BERSIH DAN JALAN RAYA

Irawan Triago(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perusahaan kontraktor adalah perusahaan keluarga yang bergerak pada bidang kontraktor yaitu konstruksi air bersih dan pembuatan jalan raya. Perusahaan kontraktor merupakan perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki masalah utama pada pekerjaan ganda. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang terdiri atas Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, dan Fairness dalam perusahaan kontraktor.

             Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik observasi. Penelitian ini menggunakan teknik penerapan narasumber purposive sampling dengan memilih lima narasumber dari pihak perusahaan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam penelitian. Untuk menilai apakah perusahaan sudah menerapkan prinsip Good Corporate Governance dengan baik atau tidak, dilakukan penilaian dengan menggunakan metode skoring. Kemudian untuk meningkatkan derajat kepercayaan yang dinamakan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber.

             Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan prinsip Good Corporate Governance pada perusahaan kontraktor belum sepenuhnya terlaksana karena masih terdapat beberapa bagian dari prinsip Transparency, Accountability,Responsibility,Independency, dan Fairness yang belum terlaksana dengan baik.


Keywords


Good Corporate Governance, Metode skoring, Perusahaan kontraktor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.