PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN YANG BERGERAK DALAM INDUSTRI PELAYARAN

Jeslyn Guyana(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor internal dan eksternal yang dihadapi oleh perusahaan dan merumuskan strategi perusahaan dengan menggunakan pendekatan Matriks Perencanaan Strategis Kuantitatif (QSPM) dalam menghadapi persaingan pada usaha jasa pengangkutan batu bara khususnya  wilayah Samarinda, perolehan laba perusahaan dari tahun 2008 -2010 belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Adapun kenaikan jumlah pesaing yang masuk dalam industri berdampak pada persaingan ketat sehingga berdampak pula dengan perolehan laba perusahaan sehingga perusahaan harus merumuskan strategi perusahaan yang tepat dalam menghadapi persaingan. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa kualitatif, dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara dan dokumentasi yang ditujukan pada Direktur Utama, Direktur, Manajer Pemasaran, Manajer Personalia, Manajer Operasional, dan Manajer Keuangan. Untuk menguji keabsahan data, maka penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh perusahaan sudah tepat, mengingat bahwa tingginya tingkat persaingan maka perusahaan selalu menjaga dan meningkatkan daya saing.

Keywords


Perumusan Strategi, analisis internal, analisis eksternal, pendekatan QSPM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.