PENGARUH CAREER MANAGEMENT COMPETENCIES, GRIT, PERSEPSI AKAN FAKULTAS, TENAGA PENGAJAR, DAN PASAR TENAGA KERJA TERHADAP SELF-PERCEIVED EMPLOYABILITY MAHASISWA TINGKAT AKHIR DAN FRESH GRADUATE SARJANA (S-1) DI SURABAYA

Vincent Tanri Saputra(1*),


(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh career management competencies, grit, persepsi akan fakultas, tenaga pengajar, dan pasar tenaga kerja terhadap self-perceived employability mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate Sarjana (S-1) di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 108 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa career management competencies, dan persepsi akan pasar tenaga kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap self-perceived employability sementara grit, persepsi akan fakultas dan tenaga pengajar tidak berpengaruh signifikan.


Keywords


Career management competencies, grit, fakultas, tenaga pengajar, pasar tenaga kerja, self-perceived employability, mahasiswa tingkat akhir, fresh graduate, Sarjana (S-1).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.