ANALISIS STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN PT. SAPTA KEMAKMURAN ABADI

Adrian Gabriel(1*),


(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi bersaing PT. Sapta Kemakmuran Abadi dan merekomendasikan analisis strategi bersaing PT. Sapta Kemakmuran Abadi yang harus dikembangkan agar mampu meningkatkan daya saing usaha. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode wawancara. Sampel yang digunakan 3 orang responden pemilik PT. Sapta Kemakmuran Abadi. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan analisis strategi eksternal internal yang terdiri dari aspek manajemen sumber daya manusia, produksi, marketing dan keuangan. Faktor eskternal yakni daya saing yang melibatkan pembeli, pesaing, supplier hingga pendatang baru. Analisis SWOT menunjukkan bahwa perusahaan perlu mengembangkan analisis strategi khususnya meningkatkan kekuatan yang dimiliki perusahaan agar dikenal oleh konsumen dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis.

Keywords


Strategi Bersaing, Lingkungan Internal, Lingkungan Eskternal, SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.