Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Head Of Agreement (HoA) Divestasi 51 Persen Saham Freeport Oleh Pemerintah Pada Media Daring

Ongq Rifaldy Litualy, Ido Prijana Hadi, Fanny Lesmana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui framing media dalam memuat tulisan media daring Tempo.co, Kompas.com, detikcom, Okezone.com, Viva.co.id dan Republika online tentang Head of Agreement Divestasi 51 persen Saham Freeport oleh Pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke enam media daring tersebut memiliki cara pandang (angle) yang berbeda.

Tempo.co, Kompas.com, detikcom, dan Okezone memiliki framing yang sama yaitu, mengandung nilai nasionalisme dari upaya pemerintah pada Head of Agreement divestasi 51 persen saham Freeport. Sedangkan Viva.co.id dan Republika Online menampilkan framing keinginan masyarakat Papua yang tidak ingin Freeport melanjutkan pertambangan di tanah Papua, adapun juga frame berita tentang dugaan permainan uang “hengki pengki “, serta beban negara dalam hutang yang terus bertambah dan tekanan dollar terhadap rupiah.


Keywords


media daring, berita, Republika Online, Tempo.co, Kompas.com, Viva.co.id, detikcom, dan Okezone Head of Agreement, Freeport, Divestasi 51 persen Saham, Analisis Framing, Pan- Kosicki.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI