TEKNIK-TEKNIK HUMOR DALAM PROGRAM KOMEDI DI TELEVISI SWASTA NASIONAL INDONESIA

Authors

  • Sicilia Anastasya Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya

Keywords:

balance scorecard, financial, customer, Internal Business Process, Learning and Growth

Abstract

Program komedi telah ada sejak era kemunculan televisi nasional, TVRI, dan tetap diminati hingga kini ketika bermunculan banyak stasiun televisi swasta di Indonesia. Peneliti ingin mengetahui teknik humor apa saja yang digunakan dalam program komedi di Indonesia dengan meneliti 12 program komedi dengan share di atas 10.0 dengan tujuan praktis yaitu agar hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi praktisi televisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif dan teori teknik humor menurut Berger. Peneliti mendapat hasil 54% untuk teknik humor kategori language yaitu humor yang bersifat verbal, 27% action yaitu humor yang bersifat fisik atau nonverbal, 13% logic yang bersifat ideasional, dan 6% identity yaitu humor yang bersifat eksistensial.

References

AGB Nielsen. (2010, April). NielsenNewsletterApril2010-Eng. Retrieved September 10 2012, from http://www.agbnielsen.net/Uploads/Indonesia/NielsenNewsletterApril2010-Eng.pdf

Berger, Arthur. (1998). An anatomy of humor. United States of America: Transaction Publishers

Bharata, Bonaventura Satya. (2002): Komunikasi iklan media tv swasta di Indonesia. Dalam Jurnal ISIP Vol 3/No.4/Desember 2001-Februari 2002. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya

Lynch. (2002). Humorous communication: finding a place for humor in communication research

Morissan, M. A. (2009). Manajemen media penyiaran: strategi mengelola radio & televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nurudin, M.Si. (2009). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Provine, R. R. (2000). Laughter: A scientific investigation. New York: Viking.

Rahmanadji. (2007). Sejarah, teori, jenis, dan fungsi humor. Jakarta: FS UM

Set, Sony. (2008). Menjadi perancang program televisi profesional. Yogyakarta: ANDI

Silalahi. Uber. (2009). Metode penelitian sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Downloads

Published

2013-01-23

Issue

Section

Articles