Komunikasi persuasi dalam iklan politik pilkada pasangan cagub dan cawagub melalui media Facebook

Eric Aditya, Gatut Priyowidodo, Inri Inggrit Indrayani

Abstract


Sebagai kandidat politik yang ingin mempromosikan diri kepada masyarakat supaya terpilih, pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta menggunakan banyak cara agar dapat menempati jabatan tertinggi di ibu kota. Salah satunya melalui iklan politik di Facebook. Iklan politik memiliki kekuatan persuasi yang sangat signfikan dalam menjual citra para kandidat politik, ditambah dengan distribusi yang kuat sehingga memberikan efek yang besar. Penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif, dan metode penelitian yang dipakai adalah analisis isi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik komunikasi persuasi yang digunakan berbeda masing- masing kandidat, dan citra tertentu dapat dicapai dengan penggunaan teknik yang tepat. Ahok- Djarot lebih banyak memakai teknik integrasi, sedangkan Anies-Sandi lebih banyak memakai teknik ganjaran.


Keywords


Komunikasi Persuasi, Iklan Politik, Pilkada DKI Jakarta, Facebook

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI