Analisis Isi Electronic Word of Mouth Pada Posting Instagram @garuda.indonesia

Gabrielle Priscilla Ruru(1*), Amelia Sidik(2), Felicia Goenawan(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui gambaran umum electronic word of mouth yang terdapat pada posting Instagram @garuda.indonesia. Penggunaan media sosial yang berkembang pesat menjadi salah satu tempat untuk memenuhi berbagai kebetuhan informasi, termasuk juga electronic word of mouth. Instagram, sebagai salah satu media sosial, diketahui menjadi the next big thing dari penyebaran electronic word of mouth.

Penggambaran electronic word of mouth dilihat melalui metode analisis isi pada posting dalam media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bulan September memiliki frekuensi tertinggi melakukan posting dan hari Rabu menjadi frekuensi tertinggi melakukan posting dengan pesan Glitz & Glam. Kemudian pesan disajikan melalui single photo dengan menyertakan caption dan hashtag. Sehinga dari situ electronic word of mouth yang tercipta adalah positive self enhancement, dimana likes dan comments terbanyak mengandung pesan personalities.


Keywords


Marketing Public Relations, Electronic Word of Mouth, Instagram, Garuda Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI