Taktik self-presentation Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar dalam Pilkada 2018 di Instagram

Niken Ayu Sriwigati, Gatut Priyowidodo, Lady Joanne Tjahyana

Abstract


Self-presentation merupakan bagaimana individu membentuk apa yang orang lain pikirkan tentang dirinya dan apa yang dirinya pikirkan sendiri. Taktik dalam Self presentation itu sendiri terbagi menjadi 13 kategori yaitu Exemplification, Entitlement, Ingratiation, Enhancement, Disclaimer, Intimidation, Apology, Self-Handicapping, Excuse, Supplication, Justification, Basking, dan Blasting. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui taktik self-presentation apa saja yang dilakukan oleh Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar melalui foto dan caption yang diunggah di akun Instagram @ridwankamil dan @deddy_mizwar selama masa pra-kampanye yaitu 7 Januari 2018 hingga 14 Februari 2018. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Analisis data menggunakan foto dan caption di Instagram dengan menganalisis 90 unggahan Ridwan Kamil dan 40 unggahan Deddy Mizwar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa taktik self- presentation yang paling sering dilakukan oleh Ridwan Kamil adalah taktik ingratiation, sedangkan Deddy Mizwar menunjukan taktik basking. Ridwan Kamil ingin menunjukan identitas diri sebagai pemimpin yang menyenangkan, sedangkan Deddy Mizwar menunjukan identitas diri sebagai bagian dari pihak tertentu.


Keywords


Self Presentation, Taktik, Instagram, Pilkada, dan Analisis Isi Kuantitatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI