Strategi Media Relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Dalam Peristiwa Gunung Agung 2017

Indriani Indriani(1*), Yustisia Ditya Sari(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan perusahaan pengelola Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Peristiwa Gunung Agung mengakibatkan krisis terhadap PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai yakni dengan ditutupnya operasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Pada saat krisis dibutuhkan strategi dalam penanganan media massa sehingga PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan strategi media relations pada saat peristiwa Gunung Agung. Media relations bisa diartikan sebagai bagian dari Public Relations eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi media relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dalam peristiwa Gunung Agung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi media relations yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dalam peristiwa Gunung Agung yakni dengan menyediakan fakta dan melakukan kordinasi dengan berbagai instansi, penyampaian informasi kepada media, dan penyediaan fasilitas media center untuk mendukung media.


Keywords


Strategi media relations, krisis, public relations, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI