Motif dan Kepuasan Followers dalam Menonton Video”Yummy.idn by IDN MEDIA” di Instagram

Nadya Clarissa Hadisaputro, Lady Joanne Tjahyana, Agusly Irawan Aritonang

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan followers pada akun Yummy.idn dalam menonton video tutorial memasak di Instagram. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori pengembangan Uses and Gratification milik Phillip Palmgreen dengan variabel kepuasan yang dicari atau Gratification Sought (GS) dan kepuasan yang didapat atau Gratification Obtained (GO) , dengan enam indikator dalam jurnal milik Zhang Yue di antaranya adalah Hiburan dan Relaksasi, Interaksi Sosial, Suplemen, Pertemanan, Menghabiskan Waktu dan Mencari Informasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Eksplanatif dengan Statistik Inferensial. Hasil penelitian yang didapat dari internet survei ini menunjukan bahwa followers Yummy.idn tidak mendapatkan kepuasan hampir di semua indikator dengan indikator yang paling dominan adalah Menghabiskan Waktu dan terdapat kepuasan hanya pada indikator Interaksi Sosial. Hasil secara keseluruhan dinyatakan bahwa followers Yummy.idn tidak mendapatkan kepuasan dalam menonton konten video tutorial memasak di akun Instagram Yummy.idn.


Keywords


Uses and Gratification, Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained, konten video Yummy.idn, Internet Survei

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI