Efektivitas Product Placement Tas JanSport Dalam Film Spider-Man: Homecoming

Eunike Setiawan, Felicia Goenawan, Vita Monica

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari product placement tas JanSport di dalam film Spider-Man: Homecoming. Film Spider-Man: Homecoming sendiri adalah salah satu film Spider-Man yang untuk pertama kalinya diproduksi oleh Marvel Cinematic Universe. Dalam film ini product placement tas JanSport muncul paling banyak yaitu sebanyak 19 kali. Dalam penelitianini, peneliti akan mengukur efektivitas dari product placement dengan menggunakan metode CRI (Costumer Response Index) yang terdiri dari 5 elemen awareness, comprehend, interest, intention, dan action. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling . Sampel dari penelitian ini adalah 100 orang yang pernah menonton film Spider-Man: Homecoming. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa product placement tas JanSport di dalam film Spider-Man: Homecoming tidak efektif. Tingkat awareness yang rendah yakni sebesar 27% disebabkan oleh logo yang tidak nampak jelas di dalam layar serta di dalam film Spider-Man: Homecoming tidak dijelaskan manfaat dan keunggulan dari JanSport.


Keywords


Efektivitas Product Placement, Product Placement dalam Film, Spider-Man: Homecoming, JanSport

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI