Outcomes of Relationships Organisasi Nirlaba X dengan Karyawannya

Jennifer Jacinda, Otto B. Wahyudi, Titi Nur Vidyarini

Abstract


Organisasi nirlaba X merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial. Dalam setiap pelaksanaan kegiatannya, karyawan memegang peranan penting didalamnya. Maka dari itu, penting bagi organisasi ini untuk mengetahui sejauh manakah relasi yang telah dibangunnya dengan karyawan, mengingat bahwa dibanding dengan organisasi nirlaba lain, organisasi ini memiliki variasi kegiatan yang lebih banyak, walau dengan jumlah karyawan yang lebih sedikit. Selain memberi keuntungan bagi organisasi, diukurnya relasi yang telah dibangun organisasi dengan publik kuncinya, dalam hal ini karyawan, bisa memancarkan nilai dan tujuan fundamental dari seorang public relations. Dengan menggunakan teori excellence of public relations, peneliti mengukur outcomes of relationships dari organisasi nirlaba X dengan karyawannya, menggunakan 6 elemen hubungan, yakni control mutuality, trust, satisfaction, commitment, exchange relationships, dan communal relationships.

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan metode survei. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 78 orang, dengan menggunakan total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa outcomes of relationships organisasi nirlaba X dengan karyawannya tergolong tinggi, dengan mean keseluruhan sebesar 3,45.


Keywords


Outcomes of Relationships, Organisasi Nirlaba, Karyawan, Organisasi Nirlaba X

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI