Motif Dan Kepuasan Subscribers Menonton Video Dalam Youtube Channel Londokampung

Surya Perdana, Lady Joanne Tjahyana, Agusly Irawan Aritonang

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan subscribers dalam menonton channel YouTube Londokampung. Dave Jepchott pemiliki channel Londokampung merupakan youtuber asal Australia yang justru populer karena mampu berbahasa Indonesia dan Surabaya. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator, yaitu hiburan, hubungan antar pribadi, mencari informasi, dan persahabatan.

Metode dalam penelitian ini adalah online survei, dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif, serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator-indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dan kepuasan tertinggi adalah pada indikator hiburan serta terjadi kepuasan pada seluruh indikator kecuali hubungan antar pribadi


Keywords


Motif, Kepuasan, Subscribers, Channel YouTube Londokampung

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI