Motif Broadcaster Terhadap Penyebaran Informasi di Dunia Maya Melalui Bigo Live

Eko Dharma Saputra(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehadiran media sosial atau new media, mengubah pola konsumsi masyarakat terhadap media, dimana masyarakat lebih mudah menyebarkan informasi di dunia maya melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan mengetahui motif broadcaster dalam penyebaran informasi di dunia maya melalui Bigo Live. Peneliti menggunakan indikator motif live streaming Livaditi dengan lima indikator motif: motif hiburan dan sosialisasi, motif kegunaan, motif informasi, motif pengalihan, dan motif berita. Populasi dalam penelitian ini adalah broadcaster di Bigo Live, yang merupakan salah satu aplikasi live streaming yang memiliki popularistas tertinggi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode online survey, dan menggunakan teknik penarikan sampel non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Temuan yang didapat dari penelitian ini adalah motif broadcaster menggunakan Bigo Live karena motif menyebarkan informasi sebagai motif tertinggi, diikuti motif kegunaan, motif berita, motif pengalihan, dan motif hiburan dan sosialisasi. Hasil crosstab menunjukkan bahwa motif informasi ditemukan lebih banyak dilakukan oleh responden yang berjenis kelamin perempuan dengan pekerjaan sebagai mahasiswa dan memiliki pendidikan terakhir SMA.


Keywords


Motif, Broadcaster, New Media, LiveStreaming, Bigo Live

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI