Kepuasan Pengguna Jejaring Sosial LinkedIn sebagai Jejaring Sosial yang Berorientasi pada Dunia Bisnis dan Profesional di Indonesia

Fransisca Stefanie Chandra(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pengguna jejaring sosial LinkedIn sebagai jejaring sosial yang berorientasi pada dunia bisnis dan professional. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan variable Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtain (GO), dengan tujuh indikator. Tujuh indikator tersebut antara lain Promosi Diri, Aktivitas Grup, Urusan Pekerjaan, Menemukan Teman Lama dan Teman Baru dengan mudah, Menindaklajuti, Melihat Profil, dan Jaringan Profesional. Metode penelitian menggunakan metode internet survey. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna jejaring sosial LinkedIn mendapat kepuasan pada empat indikator dengan indikator yang dominan adalah menemukan teman lama dan teman baru dengan mudah. Pada penelitian ini juga terdapat ketidakpuasan pada tiga indikator lainnya yakni pada indikator urusan pekerjaan, aktivitas grup, dan jaringan professional. Kepuasan tertinggi adalah pada indikator menemukan Teman Lama dan Teman Baru dengan mudah dan kepuasan terendah adalah pada indikator Jaringan Profesional.


Keywords


Kepuasan, Pengguna, LinkedIn, Dunia Bisnis, Dunia Profesional, Indonesia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI