Representasi Peran Gender Dalam Video Iklan Lifebuoy Help A Child Reach 5 Berjudul Tree Of Life

Dwika Yanuar Triswiyanto(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Tree of Life merupakan judul dari salah satu video iklan Lifebuoy dalam gerakan Help a Child Reach 5. Gerakan ini merupakan penyadaran akan pentingnya menjaga kesehatan anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran peran gender digambarkan dalam video Tree of Life. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika John Fiske dengan 3 level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan tanda dan lambang dalam video iklan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa tokoh feminin merupakan tokoh yang tersubordinasi. Hal tersebut terlihat dari adanya tanda berupa: 1) Pola Perilaku dan Aktivitas, 2) Pakaian, dan 3) Ruang yang menunjukkan adanya dominasi tokoh maskulin.


Keywords


Representasi, Peran Gender, Iklan, Semiotika John Fiske

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI