Sikap Komunitas Maspati Surabaya Mengenai Program CSR Kampung Binaan “Kampung Lawas Maspati” Pelindo III Khususnya Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Produk

Florence Dannies(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sikap komunitas Maspati mengenai CSR kampung binaan yang dilakukan oleh Pelindo 3 sebagai pembina dari akhir 2015, hingga saat ini. Pelindo 3 merupakan BUMN yang bergerak dalam jasa layanan operator terminal pelabuhan. CSR berupa kampung binaan ini merupakan CSR pertama yang dilakukan oleh Pelindo 3. Untuk mengetahui bagaimana sikap komunitas Maspati, peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif, menggunakan metode survei, dengan membagikan kuisioner kepada 100 orang yang menjadi sampel di komunitas Maspati sebagai representatif dari total 1350 jiwa. Kemudian data tersebut diolah menggunakan tabel frekuensi dari pertanyaan mengenai sikap komunitas mengenai aspek 5 pilar CSR, tabel crosstabulation / tabulasi silang antara identitas responden dengan mean sikap (kognitif, afektif, dan konatif). Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sikap. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya sikap positif (kognitif sebesar 4.41, afektif sebesar 4.49, dan konatif sebesar 4.61) dari komunitas Maspati mengenai program CSR Kampung Binaan yang dilakukan oleh Pelindo 3.


Keywords


Sikap, Komunitas, Program CSR, Kampung Binaan, Kampung Lawas Maspati, Pelindo 3, Corporate Social Responsibility, Public Relations, Program CSR Kampung Binaan “Kampung Lawas Maspati”, Komunitas Maspati

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI