Motif dan Kepuasan Subscriber Menonton Channel ‘Kok Bisa’ di YouTube

William Gunawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan subscriber dalam menonton Channel ‘Kok Bisa’ Di YouTube. channel ‘Kok Bisa’ merupakan channel edukasi yang dengan Subscriber terbanyak di Indonesia untuk kategori edukasi di YouTube. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator, yaitu hiburan dan relaksasi, hubungan antar pribadi, mencari informasi, dan persahabatan. Metode dalam penelitian ini adalah online survei, dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji deskriptif, serta Crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator-indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dan kepuasan tertinggi adalah pada indikator Informasi. Sedangkan yang terendah adalah pada indikator Persahabatan.


Keywords


Motif, Kepuasan, Subscriber, Channel ‘Kok Bisa’

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI