Efektivitas Iklan Brighton di Jawa Pos pada Masyarakat Surabaya

Geraldina Kumala(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas iklan Brighton pada masyarakat Surabaya. Brighton sebagai salah satu perusahaan agen properti terkemuka di Surabaya, memasang iklan pada Iklan Jitu Jawa Pos sejak tahun 2011. Iklan tersebut adalah iklan kartu nama agen Brighton dan iklan daftar properti Brighton. Efektivitas kedua iklan ini diukur dengan metode Customer Response Index (CRI).. Untuk mengetahui bagaimana efektivitas kedua iklan tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif, dan menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner. Iklan dikatakan efektif jika memenuhi tahapan komunikasi dan tujuan perusahaan. Jenis kedua iklan ini adalah iklan informatif maka tahapan komunikasi yang harus dicapai adalah pemahaman. Tujuan perusahaan dari iklan kartu nama agen Brighton adalah untuk membangun citra agen dan perusahaan. Sedangkan tujuan dari iklan daftar properti Brighton adalah untuk menginformasikan daftar properti unggulan Brighton dan tindakan yang diinginkan adalah pembaca menghubungi kontak yang tersedia. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa baik iklan kartu nama agen maupun iklan daftar properti efektif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI