Representasi Maskulinitas Pada Sosok Ayah di Majalah Keluarga Ayahbunda

Putu Pradnyaparamita Ayu Widiyasa(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggambaran nilai-nilai maskulinitas pada sosok ayah di Majalah Keluarga Ayahbunda Edisi 9 Bulan Mei dan Edisi 22 Bulan November 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika milik Roland Barthes yang terdiri dari dua tataran atau tingkatan: denotasi dan konotasi. Tingkatan pertama merupakan hubungan antara signifier dan signified di dalam sebuah tanda terhadap realitas eksternal yang disebut sebagai denotasi. Sedangkan tataran atau tingkatan yang kedua, yang disebut sebagai konotasi, menggambarkan interaksi yang terjadi ketika tanda bertemu dengan perasaan atau emosi dari pembaca serta nilai-nilai budaya yang dianut oleh pembaca. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Majalah Keluarga Ayahbunda menggambarkan sosok ayah sebagai seseorang yang juga peduli dengan keluarga dan perkembangan anak. Di dalam beritanya, Majalah Keluarga Ayahbunda menampilkan sosok ayah yang superior di ranah domestik dan publik sebagai pekerja, pelindung, dan penjaga isteri dan anak. Majalah ini menggambarkan sosok ayah yang dekat dengan perkembangan anak dan mau ikutan di dalam pekerjaan domestik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI