ANALISIS ISI TREND REPORT DALAM MAJALAH ELLE INDONESIA

Emanuella P.A(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Jurnalisme fashion yang terutama didefinisikan sebagai komunikasi informasi fashion dengan menggunakan berbagai cara baik melalui reportase tren terkait atau komentar subjektif. Untuk mengetahui perkembangan trend report dalam majalah fashion, menurut Turner dan Orange (2013, p.88) terdapat tujuh indikator yang masuk dalam trend report yaitu fabric, color, pattern, silhouette, parts of the body, past era, dan particular aesthetic.  Untuk melihat apa saja trend report dalam majalah fashion peneliti menggunakan majalah Elle Indonesia yang merupakan salah satu majalah francishe yang masuk dalam top 5 fashion magazine di Indonesia. Metode yang digunakan untuk melihat trend report dalam majalah Elle Indonesia adalah analisis isi.  Berdasarkan hasil koding yang telah disetujui menunjukkan bahwa indikator silhouette paling mendominasi dengan kategori sleeves.


Keywords


Analisis Isi; Jurnalistik; Fashion; Trend Report; Majalah

Full Text:

PDF

References


Assael, H. (1992). Consumer Behavior & Marketing Action (4th ed.). New York: Kent Publishing Company.

Assegaf, D. (1983). Jurnalistik Masa Kini. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Baria, L. (2005). Media Meneropong Perempuan. Surabaya: KSP.

Barnard, M. (2001). Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Calderin, J & Volpintesta, L. (2013). The Fashion Design Reference and Specification Book: Everything Fashion Designers Need to Know Every Day. Rockport Publishers.

Chaerunnisa. (2008, March 30). Geliat Perkembangan Majalah Fesyen Indonesia. Okezone. Retrieved March 30, 2008, from http://lifestyle.okezone.com/read/2008/03/30/194/95920/geliat-perkembangan-majalah-fesyen-indonesia

Chaney, D. (2011). Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Effendi, O. U. (2002). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodelogi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Featherstone, M. (2005). Posmodernisme dan Budaya Konsumen. (Misbah Zulfa Elizabeth, Trans.). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gough, A. & Yates. (2003). Understanding Women’s Magazines: Publishing, Markets, and Readerships. London: Routledge.

Handayani, T. & Soelaeman, H. T. (2008, August 7). Menancapkan taring Lewat Elle Indonesia. Swa Majalah. Retrieved August 7, 2008, from http://202.59.162.82/swamajalah/tren/details.php?cid=1&id=7871&pageNum=1

Holsti, O.R. (1969). Content Analysis for The Social Sciences and Humanities. London: Addison-Wesley Publishing Company.

Kasali, R. (1992). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Krippendorf, K. (1991). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Rajawali.

Panuju, R. (2005). Nalar Jurnalistik. Malang: Banyumedia Publishing.

Peter J, P. dan Olson, J. C. (1994). Cosumer Behavior : PerilakuKonsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Plummer, J.T. (1974). The concept and of Lufe Style Segmentation. Journal of Marketing.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Kencana Prenanda Media.

Severin, W. J. & Tankard, Jr J.W. (2005). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Prenada Media.

Straubhaar, Joseph, and La Rose, R. (2006). Media Now. USA: Thomson Wadsworth.

Veal, A.J. (2000). Lifestyle Leisure: A Review and Annotated Bibliography. Sydney: University of Technology Sydney.

Vyncke, P. (2002). Lifestyle Segmentation: From Attitudes, Interests and Opinions, to Values, Aesthetic Styles, Life Visions and Media Preferences. Retrieved 2002, from http://ejc.sagepub.com/content/17/4/445.abstract

Welters, L. & Lillethun, A. (2011). The Fashion Reader (2nd ed.). Berg.

Wiryanto. (2000). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Balai Pustaka.

Zenoza. (2013, March 19). Top 5 Fashion Magazine. Zenoza. 2013. Retrieved Maret 19, 2013, from http://zenoza.com/fashion-news-top-5-fashion-magazine-versi-zenoza/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI