Audit Komunikasi Organisasi Horisontal Departemen Front Office Singgasana Hotel Surabaya

Stephani Firmawan Panghegar(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian audit komunikasi organisasi horisontal yang dilakukan di Departemen Front Office Singgasana Hotel Surabaya. Departemen ini merupakan departemen yang memiliki sub departemen terbanyak di Singgasana, yang menyebabkan komunikasi horisontal antar sub departemen berperan penting bagi kelangsungan organisasi. Karena itu, melalui audit komunikasi dengan metode wawancara tatap muka dan pengalaman komunikasi, peneliti ingin menjabarkan mengenai jenis komunikasi horisontal, tujuan komunikasi horisontal, serta hambatan yang terjadi dalam komunikasi horisontal antar karyawan departemen tersebut. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa media komunikasi yang digunakan beraneka macam yang disesuaikan dengan tujuan komunikasi. Namun, terdapat hambatan-hambatan yang terjadi dalam komunikasi ini, yaitu hambatan lingkungan, sumber daya manusia, dan tugas serta tanggung jawab individu. Secara umum, komunikasi horisontal departemen ini berjalan baik.


Keywords


Komunikasi horisontal, Audit komunikasi, Wawancara tatap muka, Pengalaman komunikasi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Jawa Timur, 2012, 3 Agustus. Selama bulan Juni 2012 jumlah wisman dari pintu masuk Juanda dan TPK hotel berbintang di Jawa Timur masing-masing naik 2,86 persen dan 2,21 poin. Retrieved Agustus 30, 2012, dari jatim.bps.go.id/index.php/pelayanan-statistik/brs-jawa-timur/brs-pariwisata-jatim/213-selama-bulan-juni-2013-jumlah-wisman-dari-pintu-masuk-juanda-dan-tpk-hotel-berbintang-di-jawa-timur-masing-masing-naik-286-persen-dan-221-poin-

Goldhaber, G. M. & Donald P. R. (1979). Auditing organizational communication systems: the ICA communication audit. USA: Kendall/Hunt Publishing Company

Masmuh, A. (2010). Komunikasi organisasi dalam perspektif teori dan praktek. Malang: UMM Press.

Pace, W. & Don F.F. (2006). Komunikasi organisasi: strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2009). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: ALfabeta.

Wilcox, Dennis L., et al. (2005). Public relations: strategies and tactics 7th ed. USA: Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI