Analisa Manfaat Customer Relationship Management PT. Euroauto Trans Pratama

Alexandra Claudia Hendratno(1*), Felicia Goenawan(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa manfaat dari program customer relationship management yang dilakukan oleh PT. Euroauto Trans Pratama. Customer Relationship Management adalah konsep yang paling penting dalam pemasaran modern. Yang dalam arti lebih luas, CRM adalah keseluruhan proses membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang menguntungkan dengan mengantarkan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul. Program Customer Relationship Management di buat dengan tujuan untuk membangun hubungan dengan pelanggan aktif dengan harapan pelanggan dapat merasakan manfaat dari program sesuai dengan keinginan perusahaan untuk mendukung hubungan jangka panjang.

Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei untuk mendeskripsikan manfaat customer relationship management. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator manfaat customer relationship management social benefit dan structural ties efektif dan indikator financial benefit tidak efektif sebagai hasil dari respon konsumen dalam program customer relationship management yang dilakukan PT. Euroauto Trans Pratama.


Keywords


Manfaat, Pelanggan, Program CRM

Full Text:

PDF

References


Indriantoro, N. & Supomo. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis (Edisi Pertama). Yogyakarta : BPFE.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Principles of marketing (10th ed.). New Jersey : Prentice Hall.

Nurgiyantoro. (2000). Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press. Person, P. (2004). Customer relationship management and how CRM system can be used in the sales process. 2004: 124civ. ISSN: 1402- 1607. ISRN-LTU-EX- 04/124-SE.Luth.

Shoemaker, S., & Lewis, R. C. (1999). Customer loyalty: The future of hospitality marketing, Hospitality Management (vol. 18).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI