Analisis Isi Pesan Bullying Dalam Film “Shazam”

Yosua Rononuwu(1*), Ido Prijana Hadi(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini diakukan untuk mengetahui jenis bullying yang terdapat dalam film Shazam. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan tcori bullying dongan indikator bullying verbal, bullying fisik, bullying relasional, bullying elektronik yang dicetuskan oleh Barbara Coloroso, (2006). Selain itu ada pula vaniabel tambahan yakni peran-peran buliying. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis isi. Peneliti mcngoding dan menganalisis pesan bullying dalam seluruh adegan dalam film. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam film Shazam jenis bullying relasional yang paling banyak muncul karena merupakan jenis yang paling sulit dideteksi dari luar, sehinggs sulit mencegah dan menangani. Dalam bullying terdapat peran bully sebagai aktor utama bullying dan victim sebagai korban, sementara peran yang berpotensi menjadi next bully yaitu peran asisten bully.


Keywords


Analisis isi, Bullying, Film “Shazam”.

Full Text:

PDF

References


Ariesto, Asdrian. (2009). Pelaksanaan Program Anti Bullying Teacher Empowerment Program di Sekolah. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Astuti, Retno. (2009). Meredam bullying 3 cara efekktif meredam K.P.A (Kekerasan pada anak). Jakarta : Grasindo.

Cangara, Hafied. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Coloroso, Barbara. (2006). Stop Bullying! Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. (Santi Indra Astuti, Trans.). Jakarta: Serambi.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan IlmuIlmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Heru, Fernanda. (2019). Shazam Jadi Film DCEU Dengan Review Terbaik Sampai Saat Ini, https://dafunda.com/movie/shazam-jadi-film-dceu- dengan-review-terbaik-sampai-saat-ini/.

Nitibaskara. R, R. (2001) Ketika Kejahatan Berdaulat Sebuah pendekatanKriminologi, Hukum Dan Sosiologi. Peradaban. Jakarta.

Nugraha, D. (2019). 'SHAZAM!' Ungguli Pendapatan 'AQUAMAN' di Review Screening di Amerika . Diambil kembali dari kapanlagi.com: https://www.kapanlagi.com/showbiz/film/internasional/shazam-ungguli- pendapatan-aquaman-di-review-screening-di-amerika-f74138

Olweus, Dan. (2002). Bullying at School: What We Know, What We Can Do. Massachusets: Blackwell Publisher.

Puspitasari, Fanny., (2013). Representasi Stereotipe Perempuan Dalam Film Brave. Surabaya: Universitas Kristen Petra Surabaya.

Witri, Nasuha. (2019). Kasus kekerasan dan bullying di sekolah awal 2019 nomor 2 berakhir tragis.

https://nasional.okezone.com/read/2019/02/12/337/2016872/6-kasus- kekerasan-dan-bullying-di-sekolah-awal-2019-nomor-2-berakhir-tragis .

Wiyani, A, N. (2010). Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Wimmer, R. D. (2002). Mass Media Research : an Introduction. New York: Wadsworth Publishing Company


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI