Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Logo Baru Zara

Lenny Sulistyo, Felicia Goenawan, Vita Monica

Abstract


Zara merupakan sebuah merek fashion asal Spanyol yang mengalami perubahan logo setelah 9 (sembilan) tahun menggunakan logonya yang lama. Untuk mengetahui jawaban tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya mengenai logo baru Zara. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif deskriptif, dengan melakukan pembagian kuesioner kepada masyarakat Surabaya dengan menggunakan purposive sampling. Hasilnya akan diolah dengan menggunakan tabel frekuensi dan tabulasi silang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tingkat pengetahuan, teori S-O-R, dan teori logo. Sehingga, hasil akhir dari penelitian ini adalah masyarakat Surabaya memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi mengenai logo Zara yang baru, baik dari segi warna maupun tipografi yang meupakan kedua elemen pembentuk logo Zara yang baru.


Keywords


Silahkan diisi kata-kata kunci. Maksimum lima kata kunci yang bisa menggambarkan penelitian Anda.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Engel, James F. & Blackwell, Roger D. & Minirad, Paul W. 1994. Perilaku Konsumen: Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara

Keller, Kevin Lane. 2003. Building, Measuring, And Managing Brand Equity, second edition. New Jersey: Pearson Education

Kincaid, D. Lawrence & Schasamm, Wilbur. 1987. Asas-asas Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: LP3ES

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi

Offset

Lip, Evelyn. 1996. Desain dan Feng Shui. Jakarta: Elex Media Komputindo Murphy, J. & Rowe, M. 1998. How to Design Trade Marks and Logos.

Cinncianati Ohio: North Light Books

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:

Andi Offset

Rivers, Charlotte. 2003. Identity: Building Brand Through Letterheads, Logos,

and Business Cards. Switzerland

Rustan, S. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Sihombing, Danton. 2007. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama

Stahle, Angela Lynn. 2002. Discovering Logo Design Trends-Metodology and

Practice: An Analysis of The Logos of Top Advertising Spenders in The American Market. Washington DC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI