Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Logo Baru Zara
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Zara merupakan sebuah merek fashion asal Spanyol yang mengalami perubahan logo setelah 9 (sembilan) tahun menggunakan logonya yang lama. Untuk mengetahui jawaban tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya mengenai logo baru Zara. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif deskriptif, dengan melakukan pembagian kuesioner kepada masyarakat Surabaya dengan menggunakan purposive sampling. Hasilnya akan diolah dengan menggunakan tabel frekuensi dan tabulasi silang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tingkat pengetahuan, teori S-O-R, dan teori logo. Sehingga, hasil akhir dari penelitian ini adalah masyarakat Surabaya memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi mengenai logo Zara yang baru, baik dari segi warna maupun tipografi yang meupakan kedua elemen pembentuk logo Zara yang baru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Engel, James F. & Blackwell, Roger D. & Minirad, Paul W. 1994. Perilaku Konsumen: Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara
Keller, Kevin Lane. 2003. Building, Measuring, And Managing Brand Equity, second edition. New Jersey: Pearson Education
Kincaid, D. Lawrence & Schasamm, Wilbur. 1987. Asas-asas Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: LP3ES
Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi
Offset
Lip, Evelyn. 1996. Desain dan Feng Shui. Jakarta: Elex Media Komputindo Murphy, J. & Rowe, M. 1998. How to Design Trade Marks and Logos.
Cinncianati Ohio: North Light Books
Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:
Andi Offset
Rivers, Charlotte. 2003. Identity: Building Brand Through Letterheads, Logos,
and Business Cards. Switzerland
Rustan, S. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Sihombing, Danton. 2007. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama
Stahle, Angela Lynn. 2002. Discovering Logo Design Trends-Metodology and
Practice: An Analysis of The Logos of Top Advertising Spenders in The American Market. Washington DC
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI