Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Program Corporate Social Responsibility KFC Indonesia #NoStrawMovement

Ellysabeth Suciadi(1*), Otto Bambang Wahyudi(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya mengenai program corporate social responsibility KFC Indonesia #NoStrawMovement. KFC Indonesia menjalankan program CSR #NoStrawMovement sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan atas aktivitas yang dilakukan perusahaan. Tujuan utama dilakukannya program ini adalah untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengurangi penggunaan sedotan plastik sekali pakai. Teori yang digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini adalah teori SO-R dimana peneliti melihat respon dari organisme berupa efek kognitif pengetahuan. Untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya mengenai program corporate social responsibility KFC Indonesia #NoStrawMovement, peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif, menggunakan metode survei, Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya mengenai program corporate social responsibily KFC Indonesia #NoStrawMovement adalah tinggi.


Keywords


Tingkat Pengetahuan, Program, Corporate Social Responsibility, Public Relations, #NoStrawMovement.

Full Text:

PDF

References


Adi W. Gunawan. (2007). The Secret of Mindset. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Bina

Aksara.

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Clow, K.E, & Baack, D. (2004). Integrated advertising, promotion, and marketing communication (2nd ed). New Jersey: Pearson Education.

Cutlip, Scott, Allen H. Center, dan Glenn M. Broom. (2009). Effective Public Relations. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Engel, James F., Roger D. Blackwell, & Paulw Miniard. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Jefkins, Frank; Daniel Yadin. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mardikanto, Totok, (2014). Corporate Social Responsibility. Bandung: Alfabeta.

Ruslan, Rosady. (2007). Manajemen Public Relations & Media komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh; Ardianto, Elvinaro. (2007). Dasar-Dassar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi (2007), Pekerjaan Sosial di Dunia Industri: Memperkuat Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility), Bandung: Refika Aditama

Wibisono. Yusuf. (2007) Membedah konsep & aplikasi corporate social responsibility. Gresik: Fascho publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI