Efektifitas Iklan Televisi Tokopedia edisi “Ungkapan Bahasa Sayang dalam Satu Genggaman” pada Masyarakat Surabaya

Christianus D. Wijaya(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efetifitas iklan televisi Tokopedia edisi “Ungkapan Bahasa Sayang dalam Satu Genggaman” pada Masyarakat Surabaya. Tokopedia adalah salah satu marketplace dengan belanja iklan tertinggi di Indoneisa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Metode penelitian yang dipalai adalah survei. Efektifitas iklan diukur menggunakan metode pengukuran Costumer Response Index (CRI). Metode CRI mengukur iklan melalui beberapa tahap, mulai dari kesadaran, pemahaman, ketertarikan, niat, dan tindakan pembelian. Tahap respon dalam CRI inilah yang digunakan untuk mengukur mengukur efektivitas iklan Tokopedia. Pengukuran efektivitas iklan didasarkan oleh teori hierarchy of effects dan didukung oleh teori bauran komunikasi pemasaran, serta teori mengenai iklan. Hasil penelitian adalah iklan televisi Tokopedia edisi “Ungkapan Bahasa Sayang dalam Satu Genggaman” belum efektif untuk mempengaruhi masyarakat Surabaya untuk menggunakan Tokopedia.


Keywords


Efektifitas, Efektifitas Iklan, Iklan Televisi, Tokopedia, Costumer Response Index (CRI).

Full Text:

PDF

References


A Shimp, & Terence. (2000). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu) (Vol. Jilid ke-5). Jakarta: Erlangga.

Baum, D. (2000). E-commerce. oracle corp.

Berinovasi.com. (2017, Desember 11). Perkembangan E-commerce di Indonesia. Diambil kembali dari Berinovasi.com: http://berinovasi.com/2017/12/11/perkembangan-e-commerce-di- indonesia/

Durianto, Sugiarto, Widjaja, & Supratikno. (2003). Brand Equity ten, Strategi memimpin pasar. Jakarta: PT Gramedia puataka utama.

G.E. Belch, &. M. (2004). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective, Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Gitosudarmo, I. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

indotelko. (2018, Oktober 22). eCommerce. Dipetik Februari 23, 2019, dari indotelko:

https://www.indotelko.com/kanal?c=ecm&it=belanja-iklan-tv-marketplace

Kumparan.com. (2019, maret 9). Tokopedia Minta Pemerintah Tinjau Ulang Aturan Izin Usaha E- commerce. Diambil kembali dari Kumparan.com: https://kumparan.com/kumparanbisnis/tokopedia-minta-pemerintah-tinjau-ulang-aturan-izin- usaha-e-commerce-1sPTvyhUqTZ

Kompas.com. (2018, Maret 22). Situs E-commerce Apa yang Paling Laku di Indonesia? Diambil kembali dari Lifestyle.kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/22/210000020/situs-e-commerce-apa-yang-paling- laku-di-indonesia-?page=all

Kotler, P. a. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kontan.co.id. (2018, Februari 15). Ada Flock di balik kampanye menarik Tokopedia. Dipetik Maret 28, 2019, dari Kontan.co.id: https://industri.kontan.co.id/news/ada-flock-di-balik- kampanye-menarik-tokopedia

Mulyana, D. (2009). Ilmu Komunikasi; suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakaraya. SimilarWeb. (2019, Maret 22). Traffic Overview. Diambil kembali dari Similarweb,com:

https://www.similarweb.com/website/tokopedia.com#overview

William O., B., & Thoma, I. (2007). Marketing Management: Knowledge and Skills. New York: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI