Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya terhadap Brand Identity TikTok

Felicia Budi, Felicia Goenawan, Vita Monica

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meneliti Tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya terhadap brand identity TikTok, yang meliputi nama, logo, slogan, dan kisah perusahaan. TikTok telah mengalami pergantian identitas brand setelah pembaruan aplikasi. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan cara membagikan kuisioner kepada 100 responden pada masyarakat Surabaya, dengan menggunakan purposive sampling. Kemudian diolah dengan menggunakan tabel frekuensi dan tabulasi silang. Adapun teori yang digunakan adalah tingkat pengetahuan dan brand identity. Hasil akhir penelitian ini secara keseluruhan adalah masyarakat Surabaya memiliki tingkat pengetahuan sedang. Hasil tingkat pengetahuan sedang diperoleh melalui pengetahuan responden yang baik terhadap nama, logo dan kisah perusahaan TikTok, akan tetapi tidak pada indikator slogan TikTok.


Keywords


Tingkat Pengetahuan, Brand Identity, TikTok

Full Text:

PDF

References


Engel, James F,dkk. (1994). Consumer Behaviour. Orlando : The Dryden Press.

Ghodeswar, B. M. (2008), “Building Brand Identity in Competitive Markets: a Conceptual

Model”. Journal of Product and Brand Management, 17 (1), 4 -12.

Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2008). In B2B brand management. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Wicaksono. (Sep 18, 2017). TikTok Rambah Pasar Indonesia. Retrieved from https://marketing.co.id/tik-tok-rambah-pasar-indonesia/

Stahle, A.L. (2002). Discovering Logo Design Trends–Methodology and Practice: Analysis of the Logo of the Advertising. Goergetown University.

Bungin, Burhan. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono dan Wibowo, Eri. (2004). Statistika Penelitian. Alfabeta : Bandung

Lind, Douglas A, dkk. (2014). Teknik-Teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi. Jakarta:

Salemba empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI