Star Studies Terhadap Images Hotman Paris Hutapea

Netta Christine Tjahjono(1*), Fanny Lesmana(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian star studies terhadap pengacara yang merupakan presenter Hotman Paris Hutapea, dengan pendekatan kualitatif deskriptif dilakukan dengan melihat bagaimana konstruksi image yang dibentuk oleh Hotman Paris. Melalui analisa teks media di Youtube, Instagram, serta berita online dengan menggunakan metode star studies milik Richard Dyer, dan Jane Stokes ditemukan bahwa Hotman Paris membentuk image konsumerisme menggunakan status sosial simbol untuk menciptakan citra dirinya yang Histrionic Personality, narsis, Playboy, serta memiliki jiwa sosial yang tinggi. Image Hotman dikonstruksikan sebagai bintang iklan built-in product dalam program TV, dan pengacara professional untuk kepentingan branding lembaga media.


Keywords


star studies, konsumerisme, narsis, presenter

Full Text:

PDF

References


Abraham, A. 2011. Sukses menjadi artis dengan youtube. Surabaya: PT. Java Pustaka Group. Bungin, B. 2006. Sosiologi komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Birren, F. 1978. Color & Human Response. Canada : Library of Congress.

Baudrillard, J. P. (2011). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Davidson, G.C. Neale, J.M. dan Kring, A.M. 2006. Psikologi Abnormal. Edisi ke 9. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Dyer, R. 1998. Stars - New edition. London: British Film Institute.

Deckers, E., Lacy, K. 2010. Branding Yourself – How to Use Social Media to Invent or Reinvent

Yourself. USA: The Library of Congress. Fadli, R. 2001. Terampil wawancara. Jakarta: PT Grasindo.

George, Belch E & Michael A Belch. 2001. Adverstising and Promotion: An Intergrated Marketing Communications Prespective - 12th edition. McGraw Hill.

Heychael, M., Roselina., Rosita., Thaniago., Wulan,N. 2013. Ketika Televisi Peduli Potret Dilematis Filantropi Media. Creative Commons.

Jefkins, Frank. 1995. Periklanan edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Karjaluoto,H. 2008. Trust and New Technologies: Marketing and Management on the Internet and Mobile Media. UK: Edward Elgar.

Kuhnke,E. 2007. Body Language For Dummies. UK: John Willey & Sons, Ltd.

Mcdonald, P. 2000. The star system - Hollywood's production of pop culture. London: Wallflower Publishing Limited.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI