Motif Dan Kepuasan Subscriber Dalam Menonton Channel “Atta Halilintar” Di Youtube

Kevin Limantara, Agusly Irawan Aritonang, Chory Angela Wijayanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan subscriber dalam menonton channel Atta Halilintar di Youtube. Channel Atta Halilintar merupakan channel entertainment dengan subscriber terbanyak di Indonesia untuk kategori entertainment di Youtube, peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan enam indikator, yaitu Hiburan dan Relaksasi, Interaksi Sosial, Suplemen, Pertemanan, Menghabiskan Waktu, dan Mencari Informasi. Metode dalam penelitian ini adalah online survei, dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji deskriptif, serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator-indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif dan kepuasan tertinggi adalah pada indikator Suplemen, sedangkan yang terendah adalah indikator Interaksi Sosial.


Keywords


Motif, Kepuasan, Subscriber, Channel “Atta Halilintar”, Youtube

Full Text:

PDF

References


Buku :

Bungin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Gajah Mada Press.

Flew, Terry (2002). New Media: An Introduction. Melbourne: Oxford University Press. Hanson, Gary & Haridakis, Paul. Youtube Users Watching and Sharing the

News: A Uses and Gratifications Approach.

Idrus, Muhammad, (2009), Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga. Jarboe, G. (2009). Youtube and Video Marketing An Hour a Day. Canada: Wiley

blackwell.

Kriyantono, Rackhmat. (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta :

Kencana Prenada Group.

Kusumaningrum, A. (2015). Youtube Stickness, Pengaruh Continuance Motivation

dan Perilaku Berbagi Terhadap Youtube Stickness pada Mahasiswa program Studi Ilmu Komunikasi S1 Reguler FiSIP UNS Angkatan 2012-2014. Universitas

Sebelas Maret Surakarta.

McQuail, Dennis. (2005). Theory of Media and Society. London : Sage.

M.Sue, Valerie & Ritter, Lois A. Conducting Online Survey. (2007). United States of

America: Sage Publictions, Inc.

Nurudin, (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Perseda. Santoso, P.B., Ashari (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS.

Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Severin, W.J, & Tankard, J.W. (2008). Teori Komunikasi: sejarah, metode, dan

terapan di dalam media massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Silalahi, Ulber (2009). Metode penelitian sosial. Bandung : PT. Rafika Aditama.

Sue, Valerie M., Ritter, Lois A. 2007. Conducting Online Survey. California: SAGE. Widyantoro, A. (2013) Perilaku Santri Dalam Mengakses Internet (Studi Korelasi

Perilaku Mengakses Internet Antara Santri SMA Al Muayyad Dan Santri SMA Ta’mirul Islam Surakarta Dalam Penggunaan Situs Islami). Skripsi thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yue, Zhang. 2008. Gratifications-sought, Audience Activities and the Displacement Effect of Youtube. School of Journalism and Communication; The Chinese University of Hong Kong.

Non Buku :

Retrieved from http://www.apjii.or.id Retrieved from http://socialblade.com Retrieved from http://www.viva.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI