Implementasi Fungsi Pokok Public Relations dalam Website Kementerian Republik Indonesia

Arnold Rezon, Titi Nur Vidyarini, Vita Monica

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi dari fungsi pokok Public Relations dalam Website Kementerian Republik Indonesia. Rosady Ruslan merumuskan 5 indikator yang menjadi fungsi pokok Public Relations dalam Website Kementerian Republik Indonesia. 5 indikator tersebut adalah kebijaksanaan pemerintah, memberi pelayanan, menyebarkan informasi mengenai program – program kerja, mediator dalam menjembatani kepentingan instansi pemerintah dan masyarakat, serta berperan dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi stabilitas nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini, peneliti melihat bahwa fungsi yang paling banyak terimplementasi adalah fungsi pelayanan dan informasi program kerja.


Keywords


Government Public Relations, Analisis Isi, Kementerian Republik Indonesia, E-Government

Full Text:

PDF

References


Cutlip, S., Center, A., & Broom, G. (2011). Effective Publik Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Grunig, J. (2001). The Role of Publik Relations in Management and Its Contributions to Organizational and Societal Effectiveness. Maryland: University of Maryland.

Herdiyanto. (2013). Modul perkembangan teknologi komunikasi. Jakarta: Mercubuana Pers. Indrajit, & Zainudin. (2005). E-Government in Action, ragam kasus implementasi sukses di

berbagai belahan dunia. Yogyakarta: Andi Offset.

Jaya, S. (2013). Implementasi dan Perkembangan E-Government Di Indonesia. Jurnal Informatika

Multimedia (JIM) STIMED Nusa Palapa. 37-52.

Kemenkominfo. (2003). Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 57/KEP/M.KOMINFO/12/2003 Tentang Panduan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan E-Government Lembaga. .

KEMKOMINFO RI. (2019, January 20). Pemeringkatan E-Goverment Indonesia (PeGI). Retrieved from https://pegi.layanan.go.id/

Kemp, S. (2017, January 24). Special Reports: We Are Social. Retrieved from We Are Social: https://wearesocial.com/special-reports/digital-in-2017-global-overview

Kriyantono, R. (2012). PR writing: Teknik produksi media publik relations dan publisitas korporat. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Kumorotomo, W. (2019, January 19). Kegagalan Penerapan E-Government dan Kegiatan Tidak Produktif Dengan Internet. Retrieved from http://kumoro.staff.ugm.ac.id/wp- content/uploads/2009/01/kegagalanpenerapan-egov.pdf

Nuryanto, A. (2007). Analisis Peluang Kerja Bidang Teknik Mesin Pada Bursa Kerja Online. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 165-186.

Prayudi. (Yogyakarta). Penulisan naskah publik relations. 2007: Penerbit Andi.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Intruksi Presiden Nomer 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan

Strategi Nasional Pengembangan E-Goverment. 6-7.

Ruslan, R. (2007). Manajemen publik relations dan media komunikasi : Konsepsi dan aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sinaga, E. S. (2014). Implementasi Instruksi Presiden No.3 tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Electronic Government Di Kabupaten Semarang. Journal of Publik Policy and Management Review, 1-9.

Statshow. (2019, February 24). Statshow Website Report. Retrieved from Statshow Website Report: http://www.statshow.com/.

Suhandang, D. K. (2004). Publik Relations Perusahaan: Kajian, Program, dan Implementasi. Bandung: Penerbit Nuansa.

Theaker, A. (2004). The Publik Relations Handbook. Great Britain: Florence Production Ltd. Werner J, S., & James W, T. (2009). Teori Komunikasi: sejarah, metode, & terapan di dalam

media massa. Jakarta: Kencana.

Widiartanto, Y. (2016, October 24). Tekno Kompas. Retrieved from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesi a.capai.132.juta.

Widjaja, H. (2008). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuhefizar. (2009). Cara mudah membangun website interaktif menggunakan content managemen

system joomla (CMS). Jakarta: Elex Media Computindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI